Rabu, 31 Juli 2013

Jelajahi Indahnya Ramadhan Berbagai Negara di Dunia

Jangan urungkan niat untuk traveling di bulan Ramadan. Sebab, saat itulah beberapa negara di dunia punya tradisi yang unik. Anda pun bisa merasakan indahnya suasana bulan Ramadan di berbagai negara. Seperti, berikut ini!

Setiap negara di dunia punya tradisi yang berbeda-beda saat bulan Ramadan. Saat itulah, Anda bisa mengenal umat Muslim di berbagai negara dari dekat. Beragam kegiatan dan pasar malam, juga asyik untuk didatangi.

Dari rilis situs pencarian Skyscanner, Selasa (30/7/2013), Anda rupanya bisa merasakan indahnya bulan Ramadan di Inggris. Bulan Ramadan di Inggris adalah bulan untuk memberi bantuan untuk membantu kaum miskin. Umat muslim di sana akan memberikan santunan berupa penyediaan makanan gratis untuk tuna wisma dan menyelenggarakan kegiatan sosial.

Otoritas Kesehatan Inggris juga mengeluarkan panduan untuk berpuasa yang sehat selama bulan Ramadan. Ini ditujukan untuk mencegah gangguan kesehatan ketika umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Yang menarik, akhir-akhir ini banyak diselenggarakan lomba membaca Al Quran di Inggris.

Perlombaan itu diikuti orang dewasa atau pun akan-anak. Kapan lagi, Anda bisa mendengar lantunan ayat suci Al Quran yang dibacakan dengan merdu di Negeri Elizabeth. Untuk traveling ke Inggris, siapkan kocek mulai Rp 9,3 juta.

Suasana bulan Ramadan juga begitu terasa di Turki. Negeri yang berada di dua benua ini punya tradisi yang sama dengan Indonesia, yaitu membangunkan sahur. Para penabuh genderang akan berkeliling kota-kota dan desa-desa di Turki pada tengah malam, untuk mengingatkan waktu sahur. Selain itu pada malam hari, menara dan kubah Masjid Biru di Istanbul akan bercahaya. Cantik Sekali!

Di Turki, Anda juga bisa menyicipi roti pide yang khas. Saat menjelang berbuka, banyak pedagang makanan yang menjajakan roti ini. Siapkan kocek mulai dari Rp 8,3 juta untuk melancong ke Turki.

Sekilas Info : Warga kota Pekanbaru yang ingin mudik Lebaran atau yang membutuhkan transportasi di saat Lebaran Idul Fitri bisa menggunakan rental mobil. Dan segeralah pesan karena permintaan sangat tinggi bisa jadi anda tidak akan kebagian rental mobil Pekanbaru.
Di Dubai, pihak kepolisian setempat menandakan datangnya bulan Ramadan dengan menembakkan meriam ke udara. Ritual ini dikenal sebagai ritual meriam iftar yang belakangan ini menjadi tontonan menarik bagi para turis ketika mereka berada di Dubai pada bulan Ramadan. Bulan Ramadan di Dubai jadi momen untuk mempererat persaudaraan.

Suasana berbuka puasa di Dubai pun berlangsung meriah. Umat muslim di sana berkumpul untuk berbuka puasa dengan membawa aneka makanan dan minuman dari kampung halamannya masing-masing.

Beberapa makanan khas Dubai adalah adalah Brik yaitu makanan pembuka dari Tunisia, Chorba berupa sup dengan pasta dan isian daging domba, Fareed berupa kuah kental yang terbuat dari roti dan beras, serta banyak lagi hidangan-hidangan manis lainnya. Mau ke Dubai? Siapkan biaya mulai dari Rp 6,1 juta.

Singapura dan Malaysia juga punya tradisi di bulan Ramadan yang tak beda jauh dengan Indonesia. Bazar Ramadan dan pasar malam menjamur di kedua negara tersebut selama bulan Ramadan. Saat itulah, umat Muslim dapat memborong aneka makanan hingga pakaian yang berasal dari berbagai negara di dunia.

Para turis bisa datang ke bazarnya dan memburu aneka perlengkapan untuk Lebaran. Siapkan biaya mulai dari Rp 480-537 ribu untuk berkunjung ke Malaysia atau Singapura. Traveling di bulan Ramadan, banyak tradisi dan suasana kekeluargaan yang terasa indah.(dtk/zamrudtv.com)

Ditulis Oleh : Laura Agvanta // 00.16
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar