Kamis, 21 November 2013

Warga TNTN Sandera Rombongan Dirjen Kementrian Kehutanan

Ribuan warga desa yang berada di areal Taman Nasional Teso Nilo ( TNTN ), Rabu(20/11) menyandera lima mobil yang membawa rombongan Dirjen Kementrian Kehutanan di Desa Bukit Kesuma, Kec.Pangkalan Lesung, Kab.Pelalawan. Rombongan baru dilepas, setelah terjadi dialog dengan masyarakat di salah satu Pos Polisi pembantu di dalam TNTN.

Dalam rombongan itu, ada dua orang dari perwakilan Dirjen Kementrian Kehutanan RI. Juga ada dari Dinas Kehutanan Kabupaten Pelalawan dan dikawal empat petugas dari Polres Pelalawan.

Kedatangan rombongan ini merupakan tindak lanjut dari permintaan perwakilan warga yang datang ke kantor Kementrian Kehutanan, Kamis(14/11). Perwakilan warga ini meminta Mentri Kehutanan membatalkan proyek penggalian tapal batas TNTN sepanjang 150 KM. Pasalnya, di dalam areal TNTN tersebut ada sekitar sebelas ribu warga yang bermukim. Di dalam areal TNTN tersebut juga telah berdiri fasilitas umum,seperti sekolah, mesjid, dan pasar.

Namun, kedatangan perwakilan Kementrian Kehutanan itu ke Desa Bukit Kesuma tidak berjalan mulus. Baru memasuki desa, di depan Kantor Pos Polisi Pembantu, rombongan ini sudah dihadang ribuan warga. Untung pihak kepolisian cepat mengalihkan mobil rombongan tersebut masuk ke dalam Pos Polisi Pembantu Desa Bukit Kesuma.

Ketua RT 02/02 Desa Bukit Kusuma, Sudaryanto menyebutkan, rombongan baru dilepas setelah berdialog dengan warga hampir dua jam di Pos Polisi Pembantu Desa Bukit Kesuma. Rombongan ini batal masuk ke pemukiman untuk memeriksa fasilitas umum yang sudah berdiri dalam areal Taman Nasional Teso Nilo. (zamrudtv).

Blog : http://threat-assessment.blogspot.com/

Ditulis Oleh : Laura Agvanta // 15.53
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar